RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SD / MI
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : IV/ I
Pertemuan ke- : I (pertama)
Alokasi
Waktu : 2 x 35 Menit
I.
Standar Kompetensi
1.
Mendengarkan
penjelasan tentang petunjuk denah.
II.
Kompetensi
Dasar
1.1.
Membuat gambar/ Denah berdasarkan penjelasan yang di
dengar.
III.
Indikator
Kognitif :
1.
Menggambar denah yang disajikan.
2.
Menerangkan lambang dalam pembuatan denah.
3.
Mengurutkan letak suatu tempat berdasarkan denah yang
dibuat.
4.
Menemukan letak suatu tempat berdasarkan arah yang
terdapat didenah.
5.
Membandingkan hasil diskusi kelompok satu dengan kelompok
yang lain.
6.
Menampilkan hasil diskusi kelompok didepan kelas.
Afektif
1. Menunjukan sikap bekerja sama dalam membuat denah secara berkelompok
2. Mengembangkan sikap teliti dalam proses menggambar denah
3. Menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam menyelesaikan tugas.
Psikomotor
1. Membuat gambar /
denah berdasarkan penjelasan yang di dengar
IV.
Tujuan
Pembelajaran
Kognitif:
1.
Siswa dapat menggambar denah yang disajikan.
2.
Siswa dapat menerangkan lambang dalam
pembuatan denah.
3.
Siswa dapat mengurutkan letak suatu tempat berdasarkan
denah yang dibuat.
4.
Siswa dapat menemukan letak suatu tempat berdasarkan arah
yang terdapat didenah.
5.
Siswa dapat membandingkan hasil diskusi kelompok satu
dengan kelompok yang lain.
6.
Siswa dapat menampilkan hasil diskusi kelompok.
Afektif
1.
Siswa dapat dengan Teliti dalam membuat denah secara tepat.
2.
Siswa dapat
Menghargai pendapat teman yang lain melalui diskusi dengan benar.
3. Siswa dapat bekerja sama melalui diskusi kelompok dengan baik .
Psikomotor
1. Siswa mampu membuat denah berdasarkan penjelasan yang didengar dengan
tepat.
V.
Model dan
Metode Pembelajaran:
a.
Model pembelajaran
Picture and
picture
b.
Metode pembelajaran
·
Ceramah
·
Diksusi
·
Tanya jawab
·
Pemberian tugas
VI. Materi Pembelajaran
|
Materi
|
Penjelasan
|
1.
|
Pengertian Denah
|
Denah adalah suatu gambaran
mengenai letak tempat. Dengan denah akan mempermudah untuk menemukan berbagai
macam-macam tempat tertentu, tanpa harus bertanya pada orang lain.
|
2.
|
Lambang denah
|
Lambang merupakan sesuatu seperti tanda yang menyatakan suatu hal atau
mengandung maksud tertentu. Digunakan untuk menyampaikan ide, keinginan atau
peristiwa diwujudkan dalam bentuk gambar untuk mewakili nilai-nilai atau
makna tertentu.
|
3.
|
Cara membuat denah
|
1.
Langkah pertama, mengetahui dan memahami betul
kenampakan wilayah yang akan dibuat denah. Selanjutnya ciri tersebut
digunakan sebagai penanda, misalnya jalan, gapura, tugu, tempat ibadah atau
sarana-sarana umum.
2.
Menggambar kenampakan jalan-jalan yang terdapat
di wilayah yang akan menuju arah atau objek yang akan dituju.
3.
Melengkapi denah dengan gambar atau objek-objek
penting. Objek yang penting ditandai dengan simbol-simbol yang umum, misalnya
terminal bus disimbolkan dengan gambar bus atau rumah sakit disimbolkan
dengan palang merah.
4.
Mencantumkan tanda arah mata angin atau
penunjuk agar pembaca denah mengetahui letak atau posisi objek-objek yang
digambarkan pada denah.
5.
Memberi judul pada denah, judul denah digunakan
untuk memahami denah sebelum meneliti isi denah.
|
VII. Bahan dan Media Pembelajaran
Media
Pembelajaran
-
Buku
Bahasa Indonesia
-
Ensiklopedia
-
Contoh gambar
denah
VIII. Alat
-
Alat Tulis
-
White board
-
Spidol
IX. Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan Belajar
|
Kegiatan Pembelajaran
|
|
Guru
|
Siswa
|
|
Kegiatan Awal
|
a.
Guru mengucapkan salam.
b.
Guru menunjuk salah
satu siswa untuk memimpin do’a dan mengkondisikan kelas dengan presensi
kehadiran siswa
c.
Guru bertanya jawab
dengan siswa tentang materi yang telah diperoleh sebelumnya dan
menghubungkannya dengan materi yang akan disampaikan hari ini dengan memberikan pertanyaan
pada siswa sebagai berikut :
o Ada yang tahu apa itu denah?
o Ada
yang tahu apa itu lambang denah?
d.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dipelajari.
|
a. Siswa
menjawab salam dari guru.
b. Siswa
memimpin do’a di depan kelas.
c.
Siswa menjawab pertanyaan yang
diajukan oleh guru.
d. Siswa memperhatikan penjelasan
guru
|
Kegiatan Inti
|
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a.
Guru memberikan
contoh denah sederhana melalui
media yang ada di kelas.
b.
Guru bertanya
jawab tentang denah sederhana dan lambang denah
untuk mengetahui tingkat pemahaman mereka.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
a
Guru meminta
siswa mempresentasikan materi yang telah diperoleh dari kelompok lain melalui
gambar yang telah mereka buat.
b
Guru
menjelaskan materi yang sesuai dengan tujuan pembelajaran
c
Guru
memberikan reward pada kelompok yang dapat menguasai semua materi dengan baik.
d
Guru
membimbing siswa untuk menyimpulkan materi yang
dijelaskan.
|
a.
Siswa memperhatikan
penjelasan guru
b.
Siswa menjawab pertanyaan dari guru.
a
Siswa
membentuk 8 kelompok beranggotakan 4 siswa.
b
Siswa membuat
gambar /denah di kertas yang telah diberikan oleh guru
c
Siswa menjawab
pertanyaan guru secara
berkelompok
d
Siswa mendiskusikan
jawabannya.
a. Siswa
mempresentasikan materi yang ia peroleh
b. Siswa memperhatikan penjelasan guru
c. Siswa
menerima reward.
d. Siswa
menyimpulkan materi.
|
Kegiatan Akhir
|
§ Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
a.
Guru meluruskan kesalahan
pemahaman dan memberikan penguatan.
b.
Guru melakukan evaluasi dengan memberikan
tes tertulis kepada peserta didik sebagai evaluasi dari pembelajaran yang
sudah dilakukan
c.
Sebagai tindak lanjut
guru memberikan tugas individual
d.
Guru menutup kegiatan belajar
mengajar dengan berdo’a bersama dan salam
bersama-sama dengan
|
a.
Siswa memperhatikan
penjelasan guru.
b.
Siswa menerima dan
mengerjakan tes evaluasi
c. Siswa mengerjakan tes individual
d. Siswa berdo’a bersama dan
menjawab salam
|
X.
Evaluasi
Evaluasi terdiri
dari 3 aspek, yakni:
1. Kognitif
-
Tenik penilaian : Test
-
Bentuk instrument : Tulis
-
Instrument
penilaian : Terlampir
2. Psikomotor
Dinilai dari keaktifan dalam pembelajaran
-
Tenik penilaian : Non Test
-
Instrument : Terlampir
3. Afektif
Dinilai dari sikap keseharian siswa saat menerima
pelajaran
-
Tenik penilaian : Non Test
-
Instrument : Terlampir
XII.
Referensi
a. Buku paket
Samidi,
Tri Puspitasari. Tri puspitasari dkk,, 2009. Bahasa Indonesia SD/MI kelas
IV. Jakarta: Pusat
Perbukuan, Dep. Pendidikan
Nasional
b. Internet
Dengan
mendownload informasi lebih banyak tentang denah.
~Semoga Bermanfaat~
Tidak ada komentar:
Posting Komentar